Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Enrekang mempunyai Rencana Strategis yang berorientasi pada hasil yang ingin dicapai selama kurun waktu 5 (lima) tahun, yaitu untuk dengan memperhitungkan potensi, peluang, dan kendala yang ada atau mungkin timbul. Rencana Strategis Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Enrekang yang mencakup visi, misi, tujuan, sasaran, serta cara pencapaian tujuan dan sasaran. Selanjutnya, sasaran yang ingin dicapai dan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam tiap tahunnya tertuang dalam Formulir Rencana Kinerja Tahunan yang merupakan lampiran dari Laporan Akuntabilitas Kinerja Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Enrekang tahun 2010 ini.

     1. Rencana Strategis

Rencana Strategis Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Enrekang disusun sebagai alat kendali dan tolok ukur bagi manajemen dalam penyelenggaraan pembangunan 5 (lima) tahun dan tahunan serta untuk penilaian keberhasilan .
Di samping itu, Renstra yang disusun juga ditujukan untuk memacu penyelenggaraan pembangunan agar lebih terarah dan menjamin tercapainya sasaran strategis pembangunan 5 (lima) tahun mendatang.
Renstra sebagai alat bagi manajemen, memastikan bahwa pelaksanaan program dan kegiatan telah selaras dengan upaya pencapaian visi, misi dan tujuan/sasaran strategis. Dalam dokumen Renstra Dinas Pertanian dan Perkebunan Kab. Enrekang secara formal didefinisikan pernyataan visi, misi, tujuan/sasaran strategis serta strategi pencapaiannya (kebijakan dan program).

     1) VISI

Visi merupakan pandangan jauh ke depan, ke mana dan bagaimana instansi pemerintah harus dibawa dan berkarya agar konsisten dan dapat eksis, antisipatif, inovatif serta produktif. Visi tidak lain adalah suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan berisikan cita dan citra yang ingin diwujudkan oleh instansi pemerintah. Dengan mengacu pada batasan tersebut, visi Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Enrekang dijabarkan sebagai berikut:

“Mewujudkan Pertanian Tangguh, Berwawasan Agribisnis, Ramah Lingkungan, dan Religius Pada Tahun 2013”

     2) MISI

Untuk memenuhi visi tersebut, dicanangkan misi. Misi adalah suatu yang harus dilaksanakan oleh organisasi (Instansi Pemerintah) agar tujuan organisasi dapat tercapai dan berhasil dengan baik.
Dalam rangka mewujudkan visi pembangunan pertanian dan Perkebunan tersebut, maka perlu dirumuskan misi yang dapat menggerakan dan mewujudkan tujuan dan sasaran yang hendak dicapai melalui berbagai upaya dalam pelaksanaannya. Untuk itu disusunlah Misi Dinas Pertanian dan Perkebunan Kab. Enrekang sebagai berikut :

­  – Pemberdayaan instansi pertanian dan kelembagaan
- ­ Mengembangkan komoditas unggulan berorientasi agribisnis
­  – Meningkatkan sarana dan prasarana pertanian
­  – Pengelolaan sumberdaya pertanian dengan tekhnologi tepat guna, berkelanjutan dan ramah lingkungan.

B. TUJUAN/SASARAN

1) TUJUAN

Sesuai dengan tuntutan dan perkembangan perekonomian dan tuntutan kebutuhan masyarakat yang semakin kompleks, maka diperlukan manajemen pembangunan pertanian dan Perkebunan yang modern dan meningkatkan keberpihakan kepada petani yang tinggi dalam memanfaatkan peluang-peluang yang ada dengan menetapkan Visi dan Misi Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Enrekang, maka tujuan yang ingin dicapai adalah sebagai berikut :

- Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia pertanian
- Meningkatkan lapangan kerja dan kesempatan berusaha bagi masyarakat
- Meningkatkan mutu dan jumlah produksi yang berdaya saing pada pasar regional maupun pasar global
- Meningkatkan ketersediaan sarana dan prasarana pertanian
- Mengembangkan sentra-sentra komoditas andalan / unggulan
- Meningkatkan ketersediaan bahan pangan bagi masyarakat

2) SASARAN

Setelah penetapan Visi, Misi dan Tujuan Dinas Pertanian dan Perkebunan dalam mengembangkan pembangunan di sektor Pertanian dan Perkebunan, maka sasaran yang dicapai adalah sebagai berikut :

- Meningkatnya kualitas sumber daya manusia pertanian
- Meningkatnya lapangan kerja dan kesempatan berusaha bagi masyarakat
- Meningkatnya mutu dan produksi yang berdaya saing di pasar regional dan pasar global
- Meningkatnya sarana dan prasarana pertanian
- Meningkatnya ketersediaan bahan pangan bagi masyarakat
- Berkembangnya sentra-sentra komoditas unggulan
- Meningkatnya pendapatan petani dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari dan revolping dan retribusi dan hasil-hasil pertanian

C. KEBIJAKAN

Kebijakan Dinas Pertanian dan Perkebunan adalah suatu upaya untuk mendukung terwujudnya kebijakan pemerintah Kabupaten Enrekang dalam rencana pembangunan jangka menegah daerah (RPJMD) tahun 2009-2013.
Terdapat 5 (lima) agenda pembangunan dalam pencapaian Visi dan Misi Kabupaten Enrekang yang dituangkan dalam RPJMD 2009-2013, yaitu :

1. Agenda penguatan kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing kuat;
2. Agenda optimalisasi keunggulan komoditas dan produktifitas berdaya saing tinggi berbasis masyarakat dan berwawasan lingkungan
3. Agenda penguatan sarana prasarana untuk meningkatkan pelayanan publik, serta kelancaran mobilisasi sosial dan ekonomi antar desa/wilayah;
4. Agenda pengembangan teknologi informasi dan komunikasi untuk pelayanan publik;
5. Agenda pengembangan perekonomian berbasis masyarakat secara merata dan berkeadilan;

Sesuai Visi dan Misi serta tugas pokok dan fungsi Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Enrekang, dari 5 (lima) agenda di atas, Dinas Pertanian dan Perkebunan berupaya untuk mendukung pembangunan daerah melalui agenda 2,3 dan 4.

0 Responses to “PERENCANAAN STRATEGIS”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: